Kamis, 18 April 2013

Di Lombok ada Surganya Dunia

Lombok, kalo diartikan dalam bahasa Jawa artinya adalah cabe. Tapi Lombok yang akan Saya bahas disini adalah Pulau Lombok, salah satu pulau terindah yang dimiliki Negara Republik Indonesia.
Hari itu adalah hari Jumat, bertepatan dengan tanggal 12 April 2013.
Sebenarnya rencana mengarungi Lombok ini Saya share dengan komunitas KasKus dan BPI di bulan Februari.
Sudah pasti tujuan kita berkelompok adalah sharing cost :D otomatis semakin banyak orang semakin murah. Dan benar saja pada awal membuka threat di kedua komunitas itu ada sekitar 25 orang yang mendaftar. Tapi setelah mendekati hari H, hanya beberapa orang yang konfirmasi ke Saya kalo jadi gabung trip ke Lombok.
Dan jadilah 12 orang backpacker (campuran dari KasKus dan BPI) berkelana di Lombok secara berkelompok. Oiya kita berangkat dari kota yang berbeda-beda, ada yang dari Surabaya, Jakarta, Bandung, Lampung, Bali, dan Singapore juga ada. Saya Sendiri dari Jakarta. Haha.
Sesuai dengan Itinerary yang sebelumnya Saya buat:
12 April 2013 :
Hari pertama kita sampai di BIL (Bandara Internasional Lombok) di Praya Siang hari sekitar jam 1.30 WITA.
Sesampai di BIL, Saya memutuskan untuk mencari mushola terlebih dahulu.
Untuk sampai ke Senggigi ada 2 opsi yang digunakan yaitu paket ekonomis dan paket agak elit. Yang ekonomis adalah dengan menggunakan jasa Damri. Tarifnya:
Bandara-Mandalika : Rp. 15.000
Bandara-Senggigi    : Rp. 25.000

Sedangkan untuk yang elit kita menggunakan jasa travel. Saran Saya, travel digunakan untuk kalian yang berkelompok, yang tidak ingin menunggu bus Damri penuh, ingin lebih private, dan sampai tepat di tujuan. Oiya, untuk opsi yang ini harus mengeluarkan jurus tawar menawar yang sadis, karena mereka juga menawarkan harga yang sangat sadis. Karena Damri yang akan kami naiki belum datang, jadilah kami deal dengan travel seharga Rp. 100.000/3 orang (Saya, dan 2 orang lagi dari JKT dengan pesawat yang berbeda) menuju Senggigi. Di Mataram ada satu lagi sahabat backpacker yang mau join, jadi deh kita jemput dengan menambah uang Rp. 50.000.
Sesampai disana (BIL-Senggigi sekitar 2 jam), sudah ada teman yang berasal dari SBY, kebetulan beliau sampai duluan di Senggigi, jadi sebelumnya Saya sudah menugaskan (tsahhh) beliau untuk riset harga penginapan sekitar sana. Dan didapatlah hasilnya sbb:
Hotel Elen : Rp. 110.000/kamar/2 orang (Dipilih oleh kita ber-10, fasilitas fan, kamar mandi, 2 single beds)
Hotel Sonya : Rp. 80.000/kamar/2 orang (Dipilih oleh 1 org dari Sby, fasilitas sama, tapi kelayakan agak berbeda)
Tapi sebelum ketemu yang lain kita main bentar ke Pantai Senggigi (Ada yang nyambi nyeret-nyeret koper)

Di depan Hotel Elen, kita rencana ketemuan sama rombongan yang menyebrang dari Bali ada 4 orang, yang dari Sby ada 1 orang, 3 orang lagi dari Bali (by Singa air), dan kita ber-4.
Kumpul deh kita ber-12 sekitar jam 5 sore waktu setempat.
Rencananya kita mau bandingin dulu itu Hotel Elen sama Sonya. Tapi ternyata langsung kepincut di Hotel Elen (karena menurut teman yang dari Sby, Elen lebih mending :)).
Selesai beres-beres, kita rencananya mau ke  Art Market ( Buka dari jam 8 pagi - 9 malam). Eh ada 1 teman lagi yang berangkat dari Singapore ke lombok by JKT. Jadi deh kita ber-13.
Di Art Market kalian bisa belanja oleh-oleh apa aja khas daerah Lombok, asal nawarnya pinter. Disana juga ada agent travel yang sempat nawarin kita untuk wisata ke 3 gili dengan harga Rp. 225.000 paket lengkap. Tapi itu mahal sekali. Walhasil setelah ditawar-tawar. Tetap tidak menemukan titik temu (tsahhh) kita batal pake jasanya.
Jam 9-n malem kita mutusin buat cari makan yang murah di sekitar sana.
Dan kita memilih Yessi Cafe untuk santap malam hari pertama.
Nyambi sebelum makanan datang, kita semua kenalan satu sama lain (tsahhh).
Menu yang dipilih adalah:
Paket Ayam Taliwang : Rp. 35.000
Pelecing Kangkung : Rp. 15.000
Malaysian Tea : Rp. 15.000
Beserta Desert nya :
Pisang goreng madu dan kopi lombok : GRATIS
Kenyang, kita pulang dan istirahat. Oiya temen kita berkurang 1, soalnya beliau di Lombok sedang bertugas. Lumayan bisa ngobrol-ngobrol bentar.

13 April 2013 :
08.30 WITA berangkat menuju pantai Senggigi untuk melakukan perjalanan ke Gili Trawangan.
Sesuai perjanjian kita bakal main ke 3 Gili yaitu G. Trawangan, G. Meno, dan G.Air.
Biayanya Rp. 105.000/org sudah termasuk paket lengkap snorkeling.
Untuk makan siang kita beli bekal  di depan hotel. Nasi, ayam, telor, dan daging dipatok Rp.10.000 Estimasi perjalanan adalah seharian. 1 jam nyebrang Senggigi-G.Trawangan dan sisanya dimaksimalkan untuk explore gili-gili.
Sebelum menginjakkan kaki ke Gili Trawangan, Kita semua dibawa ke spot snorkeling sekitar G. Trawangan. Pemandangan lautnya bikin mata adem. Sejuk banget pokoknya.:D
Dan inilah Kami. 12 Lombok Fighter.
Ini pemandangan bawah lautnya. Makin adem nih ati liat pemandangan kayak gini. Subhanallah.

Ini pemandangan G. Trawangan yang Saya ambil dari spot snorkeling nya gan. Teduh ya liatnya. :D

Tapi ada sayangnya sih, di spot yang ini banyak juga karang-karang yang mati.
Puas snorkeling kita merapat ke G. Trawangan. Disini kalian bisa menemukan berbagai shop, mulai dari souvenir khas Lombok, cafe, penginapan, mini market, sewa alat snorkeling, ataupun yang jual alat-alat snorkeling. Tapi saran aja buat kalian yang berbudget minim, mending bawa bekal sebelum berangkat kesini, karena harga makanan disini relatif mahal.:D
Kalo untuk menikmati perjalanan di Gili ini saya lebih memilih menggunakan sepeda dibanding jalan kaki. :D
Banyak penyewaan sepeda disini dengan harga yang lumayan murah. Untuk tourist asing harga penyewaan sepeda dipatok Rp. 25.000/jam dan untuk domestik Rp.15.000/jam. Tapi karena tawar menawar dan kebaikan mas-mas penjaganya walhasil saya cukup membayar Rp. 10.000/jam. :D Kata mas-nya sih harga Pren :D.
 Pemandangan-pemandangan yang keren ini bisa dilihat dari sepanjang pantainya. Pokoknya Subhanallah deh. :D

Disepanjang pinggiran jalan G. Trawangan ini banyak penyewaan sepeda, dengan berbagai bentuk dan merk.

Puas mengeksplor G. Trawangan dari ujung ke ujung. Kita lanjut ke gili Meno. Tsahhh
di Gili Meno ternyata lebih jauh lebih sepi di banding G. Trawangan, cuma ada segelintir bule disini. hehe. Bagus deh..
Sejenak kita beristirahat di pantai, menikmati indahnya pemandangan laut, menenangkan pikiran, menjernihkan mata, dan yang jelas ambil photo sebanyak mungkin. :D
Puas memanjakan mata, kita lanjut menuju spot snorkeling.
Oiya sebelumnya guide memberikan pilihan ke kita, mau snorkeling di sekitar G. Meno dengan 2 spot snorkeling tanpa ke Gili Air, atau snorkeling di 1 spot untuk setiap gili. Karena menurut info yang kita terima dari guide nya, di G. Air kurang memungkinkan untuk merapat karena ada pagar pembatas pemecah ombak, dan jika dilihat waktunya juga kurang memungkinkan. Diprediksikan sore akan hujan.
Jadilah kita memilih opsi pertama, tidak lanjut ke G. Air tapi snorkeling di 2 spot G. Meno.
Lanjutlah kita snorkeling, di spot 1 kita bertemu dengan beberapa penyu yang melintas. :D huaaaaa bahagia lihatnya. Cara berenang mereka Woles banget bro. hahaha... Trus trumbu karangnya lebih beraneka ragam di banding G. Trawangan.
Puas snorkeling, kita lanjut ke spot ke 2.
Dan inilah spot terbaik yang terakhir yang kita kunjungi, walaupun hanya sekitar 10 menit memanjakan mata dengan kekayaan trumbu karang, blue coral, dan jenis ikan di spot ini mampu membuat saya terpana. Uwaw pokoknya :D. Dikarenakan waktu yang sudah menjelang sore. Kita memutuskan untuk segera pulang mengejar waktu sholat di Senggigi.
Oiya Saya tidak mengabadikan momen kekayaan bawah laut di G. Meno dikarenakan Saya ingin konsentrasi melihat keindahannya. Haha. Jadinya kamera saya tinggal di kapal.
Sekitar jam 5 sore kita sampai di Hotel Elen.
Bersih-bersih, Sholat, istirahat. Lepas Maghrib kita cari makan lagi. Terpilihlah Warung Amalia untuk menu seafood lengkap dan harga yang bersahabat. Disini kita tetep sharing cost. :D
Menu malam ini :
Appetizer Popcorn : GRATIS
Ikan Barakuda bakar : Rp. 80.000
Capcai Seafood : Rp. 35.000
Udang goreng mentega : Rp. 35.000
Aneka Juice : Rp. 10.000
Ginger Tea : Rp. 7.500
Desert Tropic Fruit : GRATIS
Kenyang makan, kita pulang.
Oiya di makan malam hari ke 2 ini kita berpencar, jadi kita makan sesuai selera dan tempat yang diinginkan. Hehe. Tapi tetep pulang ke hotel bareng dan belanja oleh-oleh pun bareng.
Sampai di hotel kita rapat sebentar untuk rencana besok, dan pengumpulan data contact masing-masing.

14 April 2013 :
08.00 WITA kita di jemput dengan 2 mobil APV hitam berplat Lombok. Katanya sih baru beroperasi 2 bulan yang lalu. :D.
1,1 juta dengan ikhlas melayang ke tangan pak Mudre (tour guide). Paket wisata lengkap dengan tujuan ke Malimbu, desa Segenter, Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep, Monkey Forest, dan belanja di oleh-oleh di Gandrung Shop.
Masing-masing orang bayar Rp. 92.000.
Siap, kita sampai di Malimbu, sekitar 40 menit perjalanan. Dari Malimbu kita bisa melihat gradasi birunya laut yang membentang dipayungi langit dan awan yang cerah serta pasir putih pantai menambah pesona Lombok.

Lepas dari Malimbu, terlihat tempat budidaya kerang mutiara.

Oke. Kita masuk ke tujuan ke dua yaitu Desa Segenter yang mata pencaharian utamanya adalah bercocok tanam kacang hijau dan berternak sapi dan kambing.
Yang menarik adalah rumah adatnya yang masih sangat sederhana sekali. Beratapkan pelepah kering yang dirajut dan dinding-dinding bangunannya dari bambu tipis yang dianyam.
Di desa ini menganut paham Kawin Culik yaitu adat pernikahan dimana sang perempuan yang dinikahi terlebih dahulu dibawa oleh pria menikahinya kemudian setelah itu barulah akan diadakan resepsi pernikahan. (CMIIW)
Rumah 1 keluarga berada di satu kawasan.

Ibu ini sedang membersihkan kacang hijau yang telah dipanen.
 Sepasang kakek dan nenek yang selalu setia.
Lanjut ke petualangan mengarungi hutan demi melihat air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep yang terletak dikaki Gunung Rinjani yang tersohor itu. Dari perjalanan pertama ke air terjun Sendang Gile membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Sepanjang perjalanan kita akan selalu diiringi oleh selokan-selokan air yang jernih dan gemericik airnya menambah riuh rendah wisata ini. Dan ditambah lagi kita bisa melihat desa dan persawahan di bawah bukit, hijau membentang. Sangat memanjakan mata. Track nya terdiri dari jalan tanah berbatu, beberapa anak tangga, naik dan turun jalan.
Saran saya untuk mempersiapkan jaket anti air atau jas hujan, serta tas kresek. Barang ini sangat dibutuhkan untuk mengamankan barang-barang berharga agar tidak basah ketika bermain air atau pun ketika hujan.
Yuk mari lihat dokumentasinya :D.

Sesampainya di lokasi :D.

Disini menyediakan penyewaan celana dan baju bagi yang mau mandi disini.

Sebelum lanjut ke Tiu Kelep, kita makan siang di WarKop sekitar sini Nasi dan ayam rica-rica yang minimalis dengan harga Rp. 6.000.
Kenyang, puas foto-foto dan main air, kita lanjut ke Tiu Kelep.
Perjalanan ke Tiu Kelep sekitar 1 Jam dengan menyusuri jalan tanah berbatuan naik dan turun, serta yang paling keren kita mengarungi sungai dengan arus yang lumayan deras. :D. Tantangan yang wow (secara saya menggunakan rok saat tracking ke air terjun ini).
Mari kita lihat...

Pulang dari Tiu Kelep kita melewati jalan yang berbeda dengan arah datang, menyusuri sekitar 350 anak tangga, dan itu menanjak. Fiuh.. :D Lumayan menguras tenaga.
Selesai dari wisata waterfall nan indah, kita lanjutkan ke wisata berikutnya yaitu monkey forest. :D Perjalanan kesana membutuhkan waktu sekitar 45 menit.
Yak.. Kacang sudah siap dibagikan. :D

Sahabat-sahabat berbulu ini agak agresif, apalagi yang sudah dewasa, jadi disarankan agar jaga jarak. :D
Selesai berbagi kacang, kita lanjut ke pusat oleh-oleh Lombok. Disini kita bisa membeli makanan khas dan souvenir juga. Untuk harganya masih terjangkau kok. Tergantung apa yang mau dibeli.
Pesan Saya sih, belilah barang dan makanan yang unik. Salah satu nama shop nya adalah Gandrung. Lokasinya dekat dengan Senggigi, sekitar 20 menit menggunakan mobil.
Puas belanja saatnya memenuhi hak perut yang sudah tertunda sekian lama.
Pilihan kita malam ini adalah Warung Amalia seafood and grill. Lokasinya masih disekitaran Senggigi, dekat dengan hotel Elen dan Art market.
Menu malam ini :
Kakap Bakar : Rp. 60.000
Cumi Goreng Tepung : Rp. 35.000
Cah Kangkung : Rp. 20.000
Nasi : GRATIS
Menu ini untuk 4 orang. Kalo minumnya sesuai selera. Kisaran harga minum dan juice Rp. 10.000

Sudah malam, mari kita pulang. :D

15 April 2013 :
07.30 WITA, ini penjemputan terakhir kita dari Senggigi. ;(. Hari terakhir di Lombok. Tapi awal dari rencana untuk menikmati keindahan alam Lombok di belahan lainnya.
Personil kita sudah berkurang untuk hari ini. Ada yang main ke Bali. Ada yang pulang duluan ke Jakarta. Total Lombok Fighter yang tersisa adalah 6 orang.
Kita sewa 1 mobil APV seharga Rp. 400.000/5 jam.
Tujuan kali ini adalah Pura Batu Bolong, Desa Sukarare, Desa Sade, Tanjung Aan, Pantai Kuta.
Ok, kita lihat Pura Batu Bolong. Untuk masuk Pura ini kita diwajibkan memakai selendang kuning, sebagai tanda penghormatan. Dan ada biaya retribusi seikhlasnya.

Watch out!! Disini banyak ular laut yang menjadikan pura ini sebagai tempat istirahat. Ini ularnya sedang mimikri.

Lanjooooot... Ke Desa Sukarare. Penduduk disini bermatapencaharian sebagai penenun dan petani.
Adat yang menarik dari suku sasak disini adalah seorang wanita yang telah bisa menenun telah boleh menikah.
Gambar berikut adalah seorang ibu yang menjadi satu-satunya designer pola tenun yang ada di desa ini. Uwaw banget kan.
 Ini merupakan senjata khas daerah Lombok, namanya adalah Pemaje
Di desa ini juga ada koperasi yang mendistribusikan hasil kerajinan warganya. Ini adalah kain tenun dengan corak khas Lombok. Harga yang ditawarkan disini lebih mahal.
 Boleh belajar menenun juga :D
 Alat memintal benang kapas, benang kapas itulah yang akan digunakan untuk menenun.
Selanjutnya Desa Sade. Hampir sama dengan desa Sukarare, yang membedakannya adalah bentuk lumbung padi dari desa ini.
Di sini banyak yang menjual kain tenun dan souvenir khas Lombok lainnya. tetapi harga yang ditawarkan relatif lebih mahal karena desa ini layaknya desa pariwisata.

Bagian dalam rumah ini sangat sederhana. Terdiri dari satu dapur dan satu kamar. Yang unik dari rumah adatnya adalah lantainya yang biasa di pel dengan kotoran sapi.
11.00 WITA lanjut ke Tanjung Aan. Ini tempatnya Subhanallah keren banget nget nget. :D.
Perjalanan dari desa Sade kesini sekitar 45 menit.
Langsung lihat aja ya.

Kalo ini pemandangan dari atas bukit kecil disana.

Pedagang cilik yang getol banget ngejer pembelinya. Haha. Dari mulai kita turun mobil sampai naik mobil lagi selalu diikuti.
Untuk harga kain tenun disini dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan desa Sukarare dan desa Sade.
Lanjut ke Pantai Kuta. Masih dikawasan Mandalika.

Huaaaa waktunya sudah pas untuk bergegas ke BIL untuk check in pulang ke Jakarta.
Dari Pantai Kuta ke BIL membutuhkan waktu 20 menit.
Pesawat GI tujuan Jakarta take off jam 14.20 WITA.
Perjalanan membahagiakan dengan kekayaan alam dan keluarga baru kali ini membuat Saya merasa bahwa manusia itu memang diciptakan sebagai Pejalan, tidak akan pernah berhenti, menambah ilmu, dan keluarga. Membuat sejarah manis ataupun pahit untuk diceritakan kepada generasi selanjutnya.
Hingga Pulau Lombok tak terlihat lagi.

Alhamdulillah. Terimakasih untuk teman dan Indonesia yang Kau berikan kepada Kami.
Personil :
-Felix
-Ilham
-Jajat
Total biaya yang dihabiskan selama perjalanan :
Kurang dari 1 Juta rupiah (exclude Tiket PP CGK-LOP dan exclude oleh-oleh)
Kalo ada yang mau ditanya-tanya bisa hubungi 085664803180 (Tika)

Sampai ketemu di cerita perjalanan Cantik berikutnya :D.